Selasa, 04 Maret 2014

Dana Darurat Mantap, Berkat Tekad Kuat

  

Dana Darurat Mantap, Berkat Tekad Kuat
Image by : Istimewa
Banyak orang belum menyadari pentingnya dana darurat dalam kehidupan. Padahal, dengan dana darurat Anda dapat terhindar dari kesulitan saat keadaan darurat menghadang. Sebut saja PHK massal, anggota keluarga sakit, dan sebagainya.

Bagi yang sudah menyadari, masalah belum berakhir. Pasalnya, banyak yang masih kesulitan dalam proses mengumpulkan dana darurat tersebut. Bahkan banyak yang menganggap dana darurat tak berbeda dengan uang yang mereka tabung selama ini. Padahal, itu dua hal yang berbeda. 

Simak tip berikut agar dana darurat yang diidam-idamkan dapat Anda kumpulkan segera.

Rekening khusus. Buka rekening tabungan yang khusus Anda gunakan untuk menyimpan dana darurat. Tujuannya agar tidak tercampur dengan tabungan untuk keperluan lain. Tak hanya membuka rekening, melainkan buka dan lupakan Anda punya rekening tersebut. Tapi tentunya tetap ingat harus diisi, yah. Tinggalkan pula kartu ATM agar tak tergoda mengunakannya.

Hitung pengeluaran. Ini adalah hal yang penting untuk Anda lakukan dengan jujur. Caranya, sengajakan untuk selalu mencatat seluruh pengeluaran, paling tidak selama tiga bulan. Dengan demikian Anda dapat menaksir berapa sebetulnya pengeluaran Anda dalam sebulan, dan itu dijadikan patokan jumlah yang Anda harus tabung sebagai dana darurat. Ingat, dana darurat dihitung dari jumlah pengeluaran Anda tiap bulan. Kalau Anda bujangan, kumpulkan dana darurat sebesar enam kali dari jumlah pengeluaran tiap bulan. Untuk yang sudah berkeluarga harus minimal 12 bulan. Semakin banyak anggota keluarga, semakin lama pula jangka waktu dana darurat harus bisa bertahan.

Kurangi pengeluaran. Banyak orang mengeluh pendapatan mereka tidak mencukupi untuk dapat mengumpulkan dana darurat. Sungguhkah demikian? Karena dalam banyak kasus, setelah dihitung, ternyata sumber kekurangan pendapatan justru karena pengeluaran yang tak terkendali, utamanya yang berkaitan dengan gaya hidup. 

Penghasilan tambahan. Setelah mengurangi pengeluaran, ternyata masih belum bisa menabung dana darurat? Kalau itu yang terjadi, artinya pendapatan Anda memang kurang besar. Untuk itu upayakan untuk memiliki penghasilan tambahan. Berbisnis pulsa elektronik, walau kelihatannya simpel, kalau volumenya banyak tentu hasilnya lumayan. Cari saja peluang-peluang usaha simpel yang tidak memerlukan modal terlampau banyak, lalu fokus.

Kumpulkan recehan. Coba perhatikan, berapa banyak uang recehan yang Anda bawa pulang di kantong celana atau baju? Kumpulkan dalam sebuah celengan. Sedikit demi sedikit akan menjadi bukit. Kalau sudah banyak, pindahkan ke tabungan dana darurat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar